PEMULIHAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG MELALUI METODE TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG DALAM RANGKA PERLINDUNGAN TERUMBU KARANG DAN BIOTA LAUT LAINNYA DI TAMAN NASIONAL WAKATOBI SPTN WIL. II RESORT KALEDUPA TAHUN 2019
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 21 Oct 2019 11:32:43

SOMBANO, 29 April 2019 Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II T.N Wakatobi telah melaksanakan kegiatan transplantasi karang selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 24 – 29 April 2019  di Resort Kaledupa pada Areal Pesisir Desa Sombano SPTN Wilayah II Taman Nasional Wakatobi pada titik koordinat -5o28’11,8”S dan 123o40’45.1”E seluas 0,1 Ha. Kegiatan transplantasi karang di SPTN Wilayah II dilakukan dengan menggunakan Metode Mars Accelerated Coral Reef Restoration System (MARRS), metode ini mengembangkan Struktur koral melalui rangka laba-laba yang digunakan untuk mencangkok terumbu karang yang dinilai mampu menstabilkan terumbu karang, membatasi reruntuhan karang dan menyediakan dasar untuk pemulihan habitat. Media laba-laba yang digunakan berjumlah 300 media, dengan jumlah bibit sebanyak 4.500 bibit yang terdiri dari beberapa jenis karang Acropora.

Kegiatan ini turut melibatkan Kelompok Ekowisata Taduno Desa Sombano dan Kelompok Pecinta Alam (KPA) Faturumbu, dengan adanya keterlibatan masyarakat lokal diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dalam memelihara dan menjaga kelestarian ekosistem karang di Kawasan Taman Nasional Wakatobi.  Kegiatan Transplatansi karang ini dapat memberikan kontribusi jangka panjang terhadap ketahanan pangan, memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan dan mendukung wisata bahari, serta memberi perlindungan bagi pulau / garis pantai dari ancaman erosi dan beberapa dampak negatif dari perubahan iklim.

Rencana kegiatan pemulihan ekosistem terumbu karang di SPTN Wilayah II, akan dilaksanakan selama 4 (empat) tahun yakni tahun 2019-2022 dengan total ekosistem terumbu karang yang akan dipulihkan seluas 0,4 Ha. 

Adapun lokasi dan luas ekosistem terumbu karang yang akan dipulihkan di SPTN Wilayah II dapat dilihat di bawah ini:

 Tahun          Lokasi                Luasan

  2019       Site Sombao         0,1 Ha

  2020       Site Sombano      0,1 Ha

  2021       Site Hoga               0,1 Ha

  2022       Site Darawa          0,1 Ha

Total 0,4 Ha

SALAM LESTARI

Sumber : SPTN Wilayah II Kaledupa, TN Wakatobi