MENGENAL LEBIH DEKAT POTENSI WISATA DESA DARAWA
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 09 Jun 2017 11:23:57

MENGENAL LEBIH DEKAT POTENSI WISATA  

DESA DARAWA

(Jimi Purnama Putra S., S.Pi.)

 

 

Seiring dengan semakin terkenalnya potensi wisata alam Taman Nasional (TN) Wakatobi yang ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya maka diperlukan eksplorasi dan pengelolaan potensi wisata alam dan budaya yang lebih intensif, baik dari upaya penyediaan sarana dan prasarana pendukung maupun dari  upaya promosi dan informasi potensi wisata alam dan budaya. Salah satu potensi wisata yang belum banyak dieksplore dan diketahui publik adalah potensi wisata alam dan budaya yang terdapat di Desa Darawa Kecamatan Kaledupa Selatan. Dengan potensi wisata yang dimiliki Desa Darawa, maka bagi anda atau pengunjung yang datang ke TN Wakatobi akan terasa belum lengkap jika belum mengunjungi Desa Darawa.  Oleh karenanya pada edisi perdana Buletin Napoleon Tahun 2013  kali ini  itu, kami sajikan profil potensi wisata Desa Darawa.  

Sejarah Desa Darawa

Darawa atau biasa disebut Lentea Kiwolu adalah sebutan bagi pulau yang ada di depan sebelah Timur Pulau Kaledupa. Disebut demikian (Lentea Kowolu) karena pulau tersebut merupakan hunian orang-orang dari masyarakat Kaledupa Kiwolu (Buranga dalam sistem pemerintahan Kerajaan Kaledupa lama), yang pindah untuk mengolah hasil hutan dan perikanan, lama kelamaan orang-orang tersebut tinggal dan menetap di Darawa. Kemudian sesudah pemberontakan Darul Islam Indonesia (tahun 1959-1963) oleh pemerintah, dilakukan lokalisasi pemukiman orang-orang tersebut pada sebuah kampung yang sekarang disebut kampung Darawa.

Darawa mengalami beberapa kali perubahan status yakni dari tahun 1945 – 1967 merupakan bagian wilayah dari Desa Langge yang tergabung bersama Lentea dalam satu dusun dengan nama Dusun Lentea. Pada Tahun yang sama (tahun 1967), terjadi pemekaran Desa Langge dan Lentea berubah status menjadi sebuah desa, serta Darawa menjadi wilayah dari Desa Lentea dengan status sebagai sebuah dusun. Pada tahun 1997 Desa Lentea dimekarkan dan Darawa dijadikan sebagai desa defenitif dengan status otonom seperti desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Kaledupa.

 

 

 

 

 

Letak dan Kondisi Geografis

Desa Darawa terletak di Pulau Darawa dan wilayahnya terdiri dari beberapa pulau kecil disekitarnya sehingga terkesan mirip dengan kondisi geografis lokasi wisata Raja Ampat.  Kondisi struktur geografisnya terdiri dari bebatuan kapur (Karts) sehingga tumbuhan/pepohonan yang hidup di Pulau tersebut relatif kecil/kerdil. Letak geografis Desa Darawa terdiri dari :

a.    Sebelah Selatan berbatasan dengan Pulau Lentea Utara (Desa Lentea),

b.    Sebelah Utara berbatasan dengan  Laut Banda,

c.    Sebelah  Timur berbatasan dengan  perairan atau laut

d.    Sebelah Barat berbatasan dengan wilayah perairan Desa Tanomeha.

 

Kondisi Demografis

Desa Darawa didiami oleh masyarakat dari etnis Kaledupa yang sebelumnya merupakan penduduk dari Desa Lintea dan kemudian pindah dan mendiami Pulau Darawa.  Jumlah penduduk Desa Darawa saat ini ± 774 orang yang terdiri dari laki-laki 273 orang dan perempuan 291 orang dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 187 orang. Desa Darawa terbagi dalam 2 Dusun yaitu Dusun Horuso dan Dusun Watukiola. Profesi masyarakat Desa Darawa sebagian besar adalah nelayan dan sisanya adalah guru dan pedagang.  Penduduk Desa Darawa sebagian besar memilki kebiasaan merantau khususnya bagi pria dewasa.

 

Potensi Wisata

Potensi wisata yang dimilki Desa Darawa meliputi potensi wisata bahari, tracking, pengamatan burung, kawasan hutan adat/lindung, mangrove, situs keramat/sejarah, jelajah  gua, dan  pengembangan budidaya rumput laut. 

-          Wisata Bahari

1.    Wisata pantai;

Desa darawa  memiliki panorama pantai berpasir putih yang panjang yaitu pantai  One Mbiha. Sangat cocok untuk berjemur , menikmati sunset, volly pantai dll. Jarak lokasi pantai dari perkampungan ± 800 m, dapat ditempuh dengan berjalan kaki sambil menikmati panorama alam.

2.    Snorkling dan diving;

Pesisir laut pulau darawa merupakan hamparan karang tepi yang kondisinya masih baik, dengan keanekaragaman jenis karang lunak (soft coral) dan karang keras (hard coral) serta jenis –jenis ikan karang, dengan kedalaman antara 3 - 20 meter. Pada bagian utara pulau darawa merupakan perairan laut zona Perlindungan Bahari sedang bagian selatan terdapat juga zona pariwisata yang berhadapan langsung dengan perairan laut Banda.  Dalam perjalanan ke lokasi snorkeling dan diving , anda atau pengunjung dapat menikmati gugusan pulau-pulau kecil yang memiliki panorama alam yang indah.  Perjalanan ke lokasi tersebut dapat menggunakan speedboat atau perahu bodi batang masyarakat yang dapat disewakan dengan waktu tempuh ± 15 menit dari perkampungan. 

3.    Perairan laut dalam di pulau darawa merupakan daerah lintasan lumba-lumba sangat cocok untuk kegiatan wisata pengamatan lumba – lumba.  Pengamatan ikan lumba-lumba dapat dilakukan pada waktu pagi hari dengan menggunakan speedboat atau perahu bodi batang masyarakat.

 

-          Potensi Wisata Situs Sejarah

Situs sejarah yang ada di desa darawa yaitu situs keramat KOTA merupakan tempat /kampung lama yang ini dianggap keramat. Sebagian masyarakat Darawa meyakini bahwa situs tersebut dihuni oleh manusia penjaga pulau darawa dari berbagai macam gangguan penyakit, mengatasi kesulitan dan sebagainya. alasan mendasar mengapa tempat tersebut dianggap keramat oleh masyarakat adat antara lain karena : memiliki nilai historis, kedekatan secara emosional, memiliki keanehan dan keajaiban-keajaiban diluar batas kewajaran, angker, bernilai mistik, masih terjaga kealamiannya.

 

 

-          Pengamatan Burung

Kawasan Hutan adat/lindung Pulau Darawa merupakan habitat beberapa jenis burung antara lain burung kenari, kepodang, srigunting, tekukur,alap-alap, burung gagak, raja udang , maleo gosong dan lain-lain.  Bagi anda atau pengunjung yang hobi dan tertarik dengan pengamatan burung maka dapat mencoba fantasi pengamatan burung di Desa Darawa.

 

-          Penjelajahan Gua

Pulau darawa  memiliki gua-gua  yang cukup unik, bahkan saat ini telah dijadikan lokasi penjelajahan bagi tamu mancanegara khusunya tamu yang datang di pulau Hoga. Ada 2 (dua) gua yang saat ini sering dikunjugi wisatawan yaitu GUA  LA ABU dan gua LA RABU.

 

-          Tracking di kawasan hutan mangrove

Sebagian kawasan hutan mangrove pulau darawa  kondisinya masih baik, kawasan hutan tersebut merupakan habitat beberapa jenis burung dan kepiting bakau serta hewan/tumbuhan lainnya. Pulau darawa  merupakan gugusan  pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau kaledupa , sebagian besar pesisir pulau darawa adalah merupakan kawasan hutan mangrove dengan jenis dominan Rhizopora sp yang cukup lebat.

 

-          Aktivitas pengembangan budidaya rumput laut; 

Hampir 99% masyarakat darawa adalah petani rumput laut. Menjadi pemandangan yang unik ketika kita berkunjung ke Desa Darawa, hampir semua aktitas keseharian masyarakat darawa adalah melakukan aktivitas pembudidayaan rumput laut mulai dari pengambilan bibit , mengikat bibit, menanam bibit , pembersihan /perawatan lokasi, pemanenan sampai pada penjemuran bibit. Bagi anda atau pengunjung yang ingin mencoba atau terlibat langsung dalam proses budidaya rumput laut maka anda dapat menjumpainya di Dea Darawa.

Sarana dan Prasarana Pendukung Wisata

Sarana dan prasarana wisata di Desa Darawa yang dapat difasilitasi hingga saat ini memang masih terbatas, namun beberapa fasilitas utama seperti penginapan (homestay), transportasi laut dan guide dapat dijumpai di beberapa tempat.  Penginapan yang dimaksud adalah fasilitas rumah penduduk yang disewakan termasuk dengan biaya konsumsi.  Begitupula dengan sarana transportasi laut, anda atau pengunjung dapat menyewa speedboat atau perahu bodi batang milik masyarakat.

 

Model Desa Konservasi (MDK)

Sejak Tahun 2010, Desa Darawa  merupakan salah satu desa yang dijadikan sebagai pilot project program pengembangan dan pembangunan Model Desa Konservasi (MDK) oleh Balai Taman Nasional Wakatobi. Penetapan status sebagai salah satu model desa konservasi diharapkan agar Desa Darawa dapat menjadi contoh bagi desa atau kelurahan lainnya dalam menyelaraskan program konservasi diwilayahnya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan pengembangan dan pembangunan MDK di Desa Darawa dibentuk wadah fasilitator yang dinamakan kelompok sentra penyuluhan kehutanan pedesaan (SPKP).  Salah satu tugas dari pengurus SPKP adalah melakukan pendampingan dalam penggalian dan pemanfaatan potensi wisata yang terdapat di Desa Darawa.

 

 

Aksesibilitas

Jika anda atau pengunjung yang ingin merasakan sensasi menghabiskan sebagian holiday anda maka anda dapat berkunjung ke Desa Darawa.  Untuk saat ini akses menuju ke Desa Darawa dapat di tempuh dengan melalui rute Wanci – Kaledupa – Darawa, dapat dilalui dengan menggunakan Speedboat atau kapal kayu regular setiap hari dengan jadwal keberangkatan untuk Speedboat berkisar jam 09.00 – 10.00 WITA sedangkan kapal kayu  jam 12.00 – 13.00 WITA.

 

Demikian ulasan singkat tentang potensi wisata Desa Darawa di Kawasan TN Wakatobi sebagai salah satu bahan referensi destinasi wisata anda atau pengunjung yang datang ke TN Wakatobi.  Akan sangat hambar jika melewatkan kesempatan menikmati potensi wisata di Desa Darawa.   

 

 

Disarikan dari beberapa sumber