Pelepasan 2 Ekor Penyu Hijau di SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Wakatobi
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 13 Jul 2017 09:00:09

Penulis : Albar Aksanudin.


Pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2017 sekitar jam 10.00 Wita, Petugas Polisi kehutanan SPTN Wilayah II bersama anggota Masyarakat Mitra Polhut, dan Haji Sakar melakukan pelepasan kedua ekor penyu di perairan pesisir pulau Hoga, adapun Ukuran penyu masing–masing:

1. Panjang kerapas 72 cm dan lebar karapas 67 cm

2. Panjang karapas 70 cm dan lebar karapas 65 cm.

Pelepasan penyu juga turut di saksikan oleh beberapa orang wisatawan asing yang berkunjung di pulau Hoga dan secara sukarela turut membantu pelepasan penyu tersebut. Penyu dimaksud adalah hasil temuan Tim Patroli Polisi Kehutanan bersama Masyarakat Mitra Polhut, SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Wakatobi,

kronologis penemuan penyu  tersebut adalah ssb;

Pada hari minggu tanggal 9 Juli 2017 sekitar jam 15.15 Wita, petugas polisi kehutanan SPTN Wilayah II menerima laporan dari masyarakat tentang terjadinya penangkapan biota laut dilindungi jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) sebanyak 2 ekor oleh nelayan di Desa Horuo Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi wilayah seksi pengelolaan wilayah II. Beberapa saat setelah mendapat laporan ini, petugas Polisi Kehutanan bersama Masyarakat Mitra Polhut melakukan upaya tindak lanjut dengan melakukan patroli ke Desa Horuo untuk mencari keberadaan penyu dan nelayan yang menangkapnya. Di Desa Horuo, tim patroli berhasil menemukan lokasi penyimpanan kedua ekor penyu yang di maksud, berikut pelakunya. Identitas pelaku bernama Haji Sakar. Pelaku menceritakan bahwa kedua penyu tersebut  didapatkannya secara tidak sengaja saat melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan jaring lamba di perairan karang kaledupa. Atas informasi tersebut Petugas patroli menjelaskan kepada pelaku bahwa Penyu merupakan salah satu satwa dilindungi oleh Undang - Undang. Setelah mendengar penjelasan dari petugas patroli, pelaku menyerahkan secara ikhlas kedua ekor penyu kepada petugas patroli.  Ke dua ekor penyu ini kemudian diamankan oleh petugas patroli di kantor SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Wakatobi.