Kemah Bakti Kader Konservasi Taman Nasional Wakatobi Tahun 2017
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 21 Aug 2017 06:22:19

Penulis : La Fasa, S.Sos., M.H.


       Pada tanggal 11 – 14 Agustus 2017, Balai Taman Nasional Wakatobi melakukan kegiatan Kemah Bakti Kader Konservasi Taman Nasional Wakatobi (KBKK). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN)  yang jatuh pada tanggal 10 Agustus. Kegiatan ini diikuti 60 (enam puluh) orang peserta Kader Konservasi dan Kelompok Pencinta Alam (KPA) Balai Taman Nasional Wakatobi yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas se- Kabupaten Wakatobi. 

       Pelaksanaan kegiatan Kemah Bakti Kader Konservasi Taman Nasional Wakatobi Tahun 2017 ini dimaksudkan untuk memupuk dan menumbuhkembangkan rasa cinta alam dan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya kesadaran di kalangan generasi muda dan masyarakat Wakatobi.

       Kegiatan ini dipusatkan di pantai Desa Sombano Kecamatan Kaledupa Kab. Wakatobi. Elemen pemerintah dan masyarakat turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini, mulai dari pihak Balai Taman Nasional Wakatobi, Stasiun Karantina Ikan Kelas II Baubau-Wakatobi, Pemerintah Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan , Kepolisian Sektor Kaledupa dan Kaledupa Selatan , Danramil Kaledupa, Kepala Desa, Kepala Sekolah-sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan, Kepala UPTD Kab. Wakatobi lingkup Pulau Kaledupa, Masyarakat mitra Polhut (MMP), pemerintah Desa Sombano, Kelompok Masyarakat Ekowisata Desa Sombano, Forum Kahedupa Toudani (Forkani) dan Himpunan Mahasiswa Kelautan Wakatobi-Kendari dan Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret-Surakarta. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan apel dengan Camat Kaledupa sebagai Inspektur Apel, sekaligus membuka kegiatan KBKK. Camat Kaledupa menegaskan komitmen berbagai pihak di Wakatobi untuk menjaga kelestarian alam serta menghindari perbuatan illegal yang dapat merusak ekosistem hayati di Wakatobi.

       Secara simbolik kegiatan pembuka yang menjadi agenda dari kegiatan ini adalah pelepasan 92 ekor tukik di pantai Sombano. Pada hari kedua kegiatan dilakukan rangkaian acara dilanjutkan dengan acara Talkshow yang menghadirkan narasumber dari pihak TN dan Kepala Karantina Ikan dari Dinas Kelautan Perikanan Baubau. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan transplantasi karang di perairan Sombano dengan kerja sama dari pihak mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret-Surakarta.

       Hari ketiga sekaligus puncak dari kegiatan adalah penanaman 1000 bibit mangrove di Desa Lefuto Kec. Kaledupa serta pelepasan kepiting bakau di desa Lefuto. Pada sore hari peserta melakukan jelajah dan bersih pantai. Kemudian pada malam harinya adalah kegiatan api unggun sekaligus menutup rangkaian acara Kemah Bakti kader Konservasi tahun 2017.

       Ucapan terima kasih pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini khususnya  Pemerintah Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan, Polsek Kaledupa dan Kaledupa Selatan, Danramil Kaledupa, Pemerintah Desa Sombano, Kelompok Masyarakat Ekowisata Taduno Desa Sombano, Himpunan Mahasiswa Kelautan Wakatobi-Kendari dan Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret-Surakarta, dan semua pihak yang telah terlibat langsung maupun tidak langsung mendukung pelaksanaan kegiatan Kemah Bakti Kader Konservasi TN. Wakatobi tahun 2017 ini.