Pembentukan Forum Pariwisata Alam di Taman Nasional Wakatobi
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 10 Nov 2017 08:38:01

Sumber : Balai TN Wakatobi


Wangi-wangi, 8 November 2017. Tepat pukul 10.00 Wita, dilaksanakan kegiatan pembentukan forum pariwisata alam yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Wakatobi (TNW). Hal ini dilakukan karena semakin meningkatnya aktifitas usaha pariwisata alam di TNW khususnya di bidang usaha penyediaan jasa wisata alam, sehingga dipandang perlu untuk membentuk suatu forum pengusaha penyedia jasa wisata alam sebagai wadah dalam meningkatkan profesionalisme dan komunikasi dengan para pihak terkait dengan usaha pariwisata alam di TNW. Tujuan dari kegiatan ini adalah Melakukan sosialisasi tentang PP Nomor 12 Tahun 2014 tentang Tarif atas Jenis PNBP, PP Nomor 36 Tahun 2010, Permenhut Nomor 48 Tahun 2010 dan Permenhut No 4 tahun 2012 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam, Menjalin komunikasi dan kesepahaman terkait pengusahaan pariwisata alam di TNW.

 

Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan dari Bapak Kepala Balai TNW yang disampaikan oleh Kepala SPTN Wilayah III Tomia sekaligus pemaparan terkait dengan regulasi pengusahaan pariwisata alam di kawasan Taman Nasional, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan terakhir pembentukan forum (pemilihan ketua dan pengurus, aturan/kesepakatan internal lainnya).

Pada kegiatan ini peserta yang mengikuti kegiatan antara lain: berasal dari Wangi-Wangi (Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I, Mawada Dive Resort, Patuno Resort, Wakatobi Dive Trip, Rekan Dive Center, Waka-Waka Dive Center, Wakatobi Dive Adventure, Oceania Dive Centre, Wakatobi Tourism Centre, Dinis Cemara Dive Center, CV Pulau Wakatobi Bahari (Wakatobitours.com), PaketWisataWakatobi.com.). Berasal dari Kaledupa (Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II, Yayasan Mitra Alam Wakatobi, Hoga Island Resort, Hogarista Tours, Hoga Dive Resort, Kelompok Masyarakat Ekowisata Taduno Desa Sombano, Toudani Trip Forkani, Community based Tourism Limbo Langge, Andar (Kaledupa)

 

Berasal dari Tomia (Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, PT. Wakatobi Resort, Tomia Scuba Dive Resort, Tandiono Wakatobi Dive Center, Wakatobi Marine Dive, Koordinator Desa Wisata Kulati. Kabupaten Buton (Rock n Roll Divers) dan Mitra (WWF-SESS), Swiss Contact. Peserta merupakan pelaku pariwisata alam di TNW baik yang berasal dari masyarakat lokal maupun dari luar Wakatobi. Harapan dari kegiatan pembentukan forum pengusaha wisata alam yang beroperasi di TNW sehingga dari pembentukan forum ini adanya peningkatan pengurusan izin usaha penyedia jasa wisata alam (IUPJWA) dan pengelolaan pariwisata alam di TNW dapat lebih baik dan kondusif.