PELATIHAN PEMANDU WISATA (ROLE MODEL PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT)
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 28 May 2018 02:15:51

Penulis : hastuty



Sombano - (24-26 Mei 2018) SPTN Wilayah II Kaledupa Taman Nasional Wakatobi mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata yang merupakan salah satu bagian program Role Model Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat. Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi Dr. HeriSantoso, S.Pi., M.Si.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 20 (dua puluh) orang berasal dari masyarakat Desa Sombano yang terdiri dari anggota kelompok masyarakat binaan TN Wakatobi meliputi Kelompok Ekowisata Taduno, Kelompok Pertanian Bawang Merah, Perwakilan Masyarakat Pemilik Homestay, Perwakilan Masyarakat Pemilik Jasa Transportasi Darat dan Laut serta unsur aparat pemerintah Desa Sombano.

Narasumber yang terlibat berasal dari Balai Taman Nasional Wakatobi (Dr. Heri Santoso, S.Pi., M.Si dan La Fasa, S.Sos., M.H.), WWF-SESS (Martina Rahmadani), dan Forkom Dewi Bali (I Ketut Punia). Beberapa materi yang disampaikan diantaranya kebijakan pengelolaan TN Wakatobi dalam pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, pengenalan interpretasi, pengantar pengelolaan destinasi, teknik dan komunikasi pemandu wisata serta strategi pengembangan Desa Wisata juga dilakukan penerapan materi melalui praktek pemanduan ekowisata.

Tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai bentuk proses penguatan implementasi role model, untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kelompok masyarakat dalam kegiatan pemanduan wisata dalam rangka mengembangkan ekowisata berbasis masyarakat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di DesaSombano.

Tindak lanjut dari pelatihan pemandu wisata ni adalah terbentuknya kelompok pemandu wisata di Desa Sombano sebagai upaya pengembangan pengelolaan ekowisata (wisata pantai) yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat Desa Sombano yaitu Kelompok Ekowisata Taduno.