PERWAKILAN DARI TAMAN NASIONAL WAKATOBI MENJADI PESERTA TERBAIK DALAM DIKLAT ALIH JENJANG POLHUT TERAMPIL KE POLHUT AHLI TAHUN 2018
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 31 Jul 2018 02:39:46

Sumber : Balai Taman Nasional Wakatobi


Diklat alih jenjang Polhut dari Polhut Terampil ke Polhut Ahli dilaksanakan di BDLHK Pekanbaru dari tanggal 2 s.d 16 Juli 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang dari UPT BKSDA, TN, dan BPPH LHK yang berasal dari wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Materi yang disampaikan adalah kebijakan KLHK bidang perlindungan pengamanan hutan, Dasar-dasar Intelijen, Pengukuran kayu bulat dan kayu gergajian, tata usaha peredaran TSL, PUHH Kayu dan non kayu, manajemen pengendalian kebakaran hutan, pengenalan jenis kayu, dan Penyuluhan Kehutanan.

Materi yang disampaikan terdiri dari teori yang dilaksanakan di BDLHK pekanbaru dan praktek di KHDTK Hutan Diklat Bukit Suligi.  Kegiatan praktek peserta melakukan survey langsung ke lapangan pada wilayah hutan Diklat, kemudian selanjutnya membuat Rencana Operasi Pengamanan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan. Selain itu peserta juga melakukan kegiatan praktek penyuluhan, Penilaian terhadap peserta pada diklat ini terdiri dari hasil ujian tertulis, praktek, dan sikap prilaku selama mengikuti diklat. Melalui diklat ini disampaikan pulah bahwa untuk menjadi seorang polhut ahli dituntut kreatifitas serta bekerja berdasarkan keilmuan, metodologi, dan analisis.

Dr. Heri Santoso, S.Pi., M.Si selaku Kepala Balai TN. Wakatobi menyampaikan terima kasih dan bangga atas prestasi yang di capai oleh sdr. Hendrawan, semoga ilmu yang di dapat bisa menjadi bekal dan diaplikasikan dalam melaksanakan tugas sebagai Polhut dilapangan serta dapat di sebarluaskan kepada personil TNW lainnya.