BALAI TAMAN NASIONAL WAKATOBI GELAR RAPAT KOORDINASI PENGAMANAN BERSAMA PARA PIHAK
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 18 Dec 2018 09:14:20

       Wangi-Wangi, Senin, 17 Desember 2018, Balai Taman Nasional Wakatobi (TNW) menggelar rapat koordinasi pengamanan bersama para pihak dalam upaya peningkatan sinergitas pengelolaan di kawasan TNW. Dalam rapat tersebut beberapa instansi yang terlibat antara lain Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK (BPPLHK) Wilayah Sulawesi,  Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Wakatobi, Kepolisian Resort Wakatobi, Kejaksaan Negeri Wakatobi, Imigrasi Kelas III Wakatobi, Perwira Penghubung Wakatobi KODIM 1413 Buton, POS AL Wakatobi, Satker Pengawasan SDKP Kendari, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Baubau, WWF SESS, perwakilan lembaga Adat (Meantu’u Liya, Meantu’u Wanse, Meantu’u Kapota) serta perwakilan masyarakat di kawasan TNW.

       Agenda pertemuan diawali dengan pemaparan oleh Balai TN Wakatobi, BPPLHK Wilayah Sulawesi, PSDKP Kendari, dan Polres Wakatobi terkait kondisi perkembangan keamanan dan mengidentifikasi gangguan yang terjadi di TNW selama tahun 2018. Selanjutnya, dilaksanakanlah diskusi pemetaan masalah dan penjaringan aspirasi dari peserta rapat untuk mencari solusi terbaik sebagai rekomendasi kebijakan pengelolaan pengamanan kawasan di tahun 2019.

       Dalam sambutan Kepala Balai TN Wakatobi yang disampaikan oleh La Ode Ahyar Mufti, S.Pi, M.T. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha, bahwa setiap gangguan keamanan di Wakatobi merupakan tanggung jawab bersama yang perlu didiskusikan untuk mencari solusi terbaik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak, sehingga diharapkan dapat terciptanya harmonisasi pengelolaan di kawasan TNW.

       Secara garis besar, rekomendasi hasil rapat koordinasi pengamanan tahun 2018 berupa peningkatan sinergitas dan kerjasama antar lembaga dalam pelaksanaan perlindungan dan pengamanan kawasan TNW, baik dari segi pemanfaatan sumber daya perikanan, pembangunan infrastruktur, wisata, penelitian, maupun peredaran tumbuhan dan satwa dari dan dalam kawasan TNW.  Peran aktif berbagai pihak sangat diharapkan dalam implementasi hasil rapat koordinasi ini, sehingga dapat mendukung terwujudnya kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya di kawasan TNW. @Balai Taman Nasional Wakatobi