Belajar Mengenal Penyu Di Demplot Balai Taman Nasional Wakatobi
Dibuat oleh : Admin Website pada tanggal 26 Jul 2019 07:17:49

Tomia, 25 Juli 2019. Balai Taman Nasional Wakatobi bekerjasama dengan KKN-PPM Universitas Gadjah Mada Unit SG-03 melaksanakan pengenalan konservasi penyu kepada 20 (dua puluh) siswa SD Negeri 2 Timu, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi. Kegiatan yang dilaksanakan di demplot pengelolaan semi alami spesies penyu di Resort Tomia, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Tomia-Binongko merupakan bentuk komitemen Balai Taman Nasional Wakatobi dalam upaya menyebarluaskan pesan konservasi kepada pelajar di Kabupaten Wakatobi. Sebelum berkunjung ke demplot, para siswa terlebih dahulu diberikan materi terkait dengan biota laut oleh mahasiswa KKN-PPM UGM.

Pada kunjungan ini, para siswa diajak untuk mengenal dan melihat langsung tukik (anak penyu) yang terdapat di demplot. Melalui penjelasannya, Amiluddin (Polhut SPTN Wilayah III) yang telah puluhan tahun bertugas mengelola demplot menjelaskan bahwa telur yang akan menjadi tukik tersebut sengaja dipindahkan ke demplot untuk menghindari kerusakan akibat sarang yang terkena air laut maupun ancaman lainnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (KSPTN) Wilayah III (Chris Awang) mengatakan, “Pelajar merupakan sarana yang tepat untuk menyebarluaskan pesan konservasi. Harapannya, pesan-pesan konservasi yang telah disebar dapat sampai dan diterima oleh masyarakat”

Sumber : Parulian Situmorang-Balai Taman Nasional Wakatobi.